Rabu, 31 Oktober 2012

Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu


Bandeng Bakar Sambal Dabu-Dabu
Bahan:
- 1 ekor ikan bandeng ukuran besar
- 1 buah jeruk nipis
- 1 sendok makan minyak sayur/margarine
- 1 sendok teh garam, untuk melumuri ikan

Bumbu dihaluskan untuk ikan bakar:
- 3 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 sendok teh ketumbar
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 1 sendok makan air asam
- 1 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok teh gula jawa

Pelengkap:
- sambal dabu-dabu
- kecap manis

Bahan sambal dabu-dabu:
- 2 buah tomat merah ukuran besar, potong kubus kecil
- 3 buah bawang merah, cincang halus
- 5 butir cabai rawit merah atau hijau, rajang kecil
- 1 sendok teh garam
- 1 butir jeruk nipis, peras airnya

Cara membuat:
Bersihkan ikan, kerat-kerat dagingnya. Lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sendok teh garam ke seluruh badan dan bagian dalam perut ikan. Diamkan sebentar. Tidak usah dicuci lagi.

 



Dalam mangkuk kecil, masukkan bumbu halus dan minyak goreng, aduk rata. Lumuri bumbu halus keseluruh permukaan ikan, diamkan selama + 30 menit. 


Siapkan panggangan, alas panggangan dengan beberapa lembar daun pisang, letakkan ikan diatas daun pisang. Atau anda juga bisa menggulung daun pisang ke seluruh badan ikan dan membakarnya diatas panggangan. Cari cara yang menurut anda paling mudah. Panggang ikan diatas bara atau panggangan yang diletakkan diatas kompor, gunakan api yang tidak terlalu besar agar ikan matang merata hingga ke dalam dan daun pisang tidak lekas hangus terbakar. Ganti daun pisang jika daun mulai habis terbakar supaya api tidak langsung menyentuh permukaan ikan. Sedikit merepotkan memang, tetapi hasilnya tidak mengecewakan.
 


Balik ikan jika satu sisi telah matang dan panggang hingga tidak ada air yang keluar dari badan ikan. Angkat ikan jika telah benar-benar matang. Sajikan ikan dengan nasi hangat, sambal dabu-dabu dan kecap manis. 


Sambal Dabu-Dabu
Siapkan mangkuk kecil, masukkan semua bahan sambal termasuk garam dan air jeruk nipis. Aduk rata. Jadikan sambal dabu-dabu pendamping ikan bandeng bakar. 

sumber google






Tidak ada komentar:

Posting Komentar